DOSEN MAGISTER S2 PAI
Prof. Abdul Hadi, MA
Biography
Prof. Dr. Abdul Hadi, M.A juga dikenal sebagai salah satu akademisi terkemuka di Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, Semarang. Di lingkungan akademik Universitas Almaata Yogyakarta, beliau telah memberikan kontribusi besar dalam pengembangan ilmu pengetahuan, terutama di bidang pemikiran Islam, filsafat, dan sastra. Sebagai seorang guru besar di Universitas Almaata Yogyakarta, Prof. Dr. Abdul Hadi memainkan peran penting dalam mengembangkan program studi yang berkaitan dengan pemikiran Islam. Beliau dikenal dengan kepakarannya dalam filsafat Islam dan etika, serta dedikasinya dalam mengembangkan keilmuan yang memadukan nilai-nilai keislaman dengan konteks modern. Selain mengajar, Prof. Abdul Hadi juga aktif dalam penelitian dan publikasi di berbagai jurnal ilmiah. Karyanya meliputi kajian filsafat Islam, sufisme, dan teologi Islam, yang menjadi referensi penting bagi mahasiswa dan akademisi dalam mengkaji pemikiran Islam secara mendalam.
Dalam mengajar dan menulis, Prof. Abdul Hadi seringkali mengangkat tema-tema sufisme dan filsafat yang berhubungan dengan kehidupan kontemporer. Beliau menekankan pentingnya integrasi antara ilmu pengetahuan modern dan nilai-nilai spiritual Islam. Beberapa karya tulisnya fokus pada bagaimana ajaran Islam dapat diimplementasikan dalam kehidupan modern, tanpa kehilangan esensi spiritual dan etika yang diajarkan oleh para ulama dan sufi terdahulu.
Selama kariernya di Universitas Almaata Yogyakarta, Prof. Abdul Hadi juga terlibat dalam berbagai proyek pengembangan akademik, termasuk kurikulum berbasis integrasi antara ilmu agama dan sains. Pandangan beliau yang inklusif terhadap ilmu pengetahuan dan agama, serta komitmennya terhadap pendidikan berbasis nilai-nilai Islam yang progresif, telah menjadikannya sosok yang dihormati di kalangan civitas akademika Universitas Almaata Yogyakarta. Sebagai seorang intelektual, Prof. Abdul Hadi terus berupaya menginspirasi generasi muda untuk lebih memahami dan mengamalkan ajaran Islam dalam konteks kehidupan yang dinamis dan global.
Dr. Ahmad Salim, M.Pd
Biography
Dr. Ahmad Salim, MPd,. Menyelesaikan S1 di Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY), S2 Jurusan Manajemen Pendidikan Univesitas Negeri Yogyakarta (UNY), S1 kedua pada jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan S3 pad Jurusan Kependidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Beberapa karyanya banyak tertuang pada artikel yang termuat pada jurnal terakreditasi bereputasi scopus, copernicus ataupun sinta; misalnya; Skills and Challenges in Digital Teaching Post-Covid-19: Malaysian and Indonesia Student (2021), Philosophical Readings XIII.4 (2021). Madrasa’s Social Capital in the Context of Hilly Communities Dynamics: The Case of Madrasa Maarif Kokap in Yogyakarta, Indonesia (2021) IIUM Journal of Religion and Civilisational Studies (IJRCS) 4:2 (2021); 113-136. Islamic Boarding School Response to the Impact of COVID-19 in Maintaining the Pesantren Values (2021) International Journal of Islamic Educational Psychology.Pendidikan Saintifik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah, Jurnal Cendekia, Jurnal Pendidikan Islam, STAIN Ponorogo, 2014, Manajemen Pendidikan Karakter, Jurnal, Tarbawi, IAIN Banten, 2015, Implikasi Aliran Filasafat Pendidikan Islam Pada Manajemen Pendidikan Islam, Jurnal Literasi, FAI Alma Ata, 2017, Relasi Sosial Madrasah terhadap Perubahan Nilai Masyarakat Perbukitan, Jurnal Literasi, FAI Alma Ata, 2018, The Madrasa Resistance Againt Radicalism, Jurnal Nadwa UIN Wali Songgo, 2019, Secularization, Symbolic Reality Sacred In the Monereh Hills Madrasa, Yogyakarta, IAIN Ponorogo, 2020.
Sedangkan tulisan dalam bentuk buku tertuang dalam, Manajemen Karakter, sebuah Konsep dan Penerapannya, Sabda Media, 2013, serta Modal Sosial Madrasah pada Kontek Masyarakat Perbukitan ( Studi di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Kulon Progo DI Yogyakarta) Elsabmi sabda, 2020. Muslim-Buddhist Relations In Girimulyo Kulon Progo Special Region Of Yogyakarta (2021) book chapter, UMM Malang. Beberapa tulisan berupa opini banyak juga terpublish di beberapa medio online, misalnya, Menakar Kekuatan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) Menghadapi Dampak Covid -19, Channel 9.id, 2020.
Dr. Aida Hayani, M.Pd
Biography
Dr. Aida Hayani, M.Pd sedang menempuh studi Doktor Pendidikan Agama Islam di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (2022) dan ia telah menyelesaikan Magister Pendidikan Agama Islam di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan IAIN Lhokseumawe, Beliau pula merupakan alumni Program Kaderisasi Ulama (PKU) XV di UNIDA Gontor. Beberapa karya telah dihasilkan berupa buku Inovasi Kurikulum berbasis Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, Teori-teori Pembelajaran Abad 21, Studi Al-Quran Abad 21, Constructive Aligment Program Studi Doktor PAI di PTKI.
Beberapa karya hasil pemikiran dan penelitiannya juga dipublikasikan di jurnal internasional terindeks scopus, sinta maupun prosiding Internasional ataupun nasional seperti Islamic Education Based on The Problem of Education Relevance in The Era of Diruption, Analisis Kritis Teks Syair Meurukon dalam Perspektif Pendidikan Islam, Penerapan Syari’at Islam di Aceh Antara Kenyataan dan Harapan (Menelusuri Budaya Masyarakat Aceh Masa Lampau dalam Manuskrip), Problems Of Modern Society In Applying Islamic Law In Aceh: Tracing The Past Culture Society Aceh in The Manuscript, Developing Curriculum of the Departement Religious Education IAIN Lhokseumawe, Penerapan Syari’at Islam sebagai wujud Recontruksi Pancasila. Selain berperan sebagai dosen dan penelitim, beliau berperan juga sebagai reviewer di jurnal seperti Heutotogia, Bangun Desa, Qulubana. Keilmuan yang ditekuni adalah bidang Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya terkait kurikulum Pendidikan Agama Islam, Filsafat Pendidikan serta Pemikiran Islam.
Dr. Farida Musyrifah, M.Pd
Biography
Farida Musyrifah lahir di Pati, 30 November 19975. Menamatkan pendidikan dasar di SDN 1 Payang, Pati Jawa Tengah 1987, melanjutkan studi di Mts 1 Pati Jawa Tengah lulus 1991, MAN Lasem Rembang Jawa Tengah lulus pada tahun 1994, S1 di Fakultas Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta lulus tahun 1999. Melanjutkan S2 jurusan Manajemen Kebijakan dan Pendidikan Islam di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta lulus 2008 dan S3 Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta lulus 2023.
Pengalaman mengajar dimulai tahun 2008-2016, beliau menjadi tenaga pengajar pada Fakultas Sains dan Tehnologi (FST) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan status Dosen luar Biasa. Sejak tahun 2016-2019 beliau mengabdi di Sekolah Tinggi Tehnologi Adisucipta Yogyakarta (sekarang ITDA/ Institut Tehnologi Dirgantara Adisucipta Yogyakarta). Mulai 2009-2023 membantu mengajar di Sekolah Tinggi Agama Islam Terpadu (STAIT Yogyakarta) sebagai dosen Luar Biasa. Mulai tahun 2024 menjadi Dosen Tetap di Universitas Alma Ata Yogyakarta. Selain menjadi dosen dan peneliti, saat ini juga aktif mengelola pesantren mahasisiswa Darul Khoir Asy-Shidiqy Blok 0 Yogyakarta dan aktif mendampingi kegiatan keagamaan dalam kelompok masyarakat yang tergabung dalam Jamiyyah Ahlul Khoir Yogyakarta
Dr. Muh. Mustakim, M.Pd
Biography
Dr. Muh. Mustakim, M.Pd.I menyelesaikan studi Doktor Kependidikan Islam UIN Sunan Kalijaga (2019) dan Doktor Pendidikan Agama Islam diUniversitas Muhammadiyah Malang (2020). Beberapa karya telah dihasilkan berupa buku seperti Membumikan Etika Islam (2012); Spiritualisasi Pendidikan Qur’ani (2020) dan lainnya. Beberapa karya hasil pemikiran dan penelitiannya juga dipublikasikan di jurnal internasional terindeks scopus, sinta maupun prosiding Internasional ataupun nasional seperti Learning in Madrasah based pesantren during the covid-19 Pandemic (2021); The Syuro-Participative Leadership in Al-Qur’an-Based Pesantren in the Disruption Era (2021); Spiritualization of child education in the qur’anic sufism perspective in the Covid-19 era (2021); School and pesantren: Study of institutional transformation of islamic education in pesantren-based schools (SBP) Ibnu Abbas Klaten Indonesia (2019) dan beberapa karya lainnya. Editor in Chief jurnal Bangun Desa ini berperan juga sebagai reviewer di jurnal nasional maupun Internasional seperti Journal of Al-Tamaddun (Malaysia), Jurnal Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam dan sebagainya. Keilmuan yang ditekuni adalah bidang Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya terkait pesantren, sekolah berbasis pesantren, spiritualisasi pendidikan Qur’ani dan lainnya.
Dr. Endi Rochaendi, M.Pd.,
Biography
adalah Lektor Manajemen Pendidikan di Program Studi (S-1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Alma Ata, Yogyakarta. Kariernya dimulai sebagai Pembantu Pimpinan di Kantor Depdikbud Kabupaten Majalengka Jawa Barat tahun 1991 sampai tahun 2001. Kemudian sejak tahun 2001 bertugas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka Jawa Barat sebagai Fungsional Umum di bidang Perencanaan Pendidikan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka. Pada tahun 2019 kemudian beralih tugas menjadi Tenaga Pengajar di Sekolah Tinggi Farmasi (STF) YPIB Cirebon Jawa Barat dan sejak tahun 2020 sampai dengan sekarang bekerja sebagai Dosen di Universitas Alma Ata.
Pendidikan dasar dan menengah (SD/SMP-SMA) ditamatkan di kampung kelahirannya, yakni Desa Loji Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka Jawa Barat. Pada tahun 1990 menyelesaikan S-1 Perencanaan Pendidikan di IKIP Jakarta (Universitas Negeri Jakarta), kemudian tahun 1999 menamatkan S-2 Administrasi Pendidikan di IKIP Bandung (Universitas Pendidikan Indonesia) dan tahun 2018 berhasil menuntaskan S-3 Administrasi Pendidikan di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Mata kuliah yang diampu dalam dua tahun terakhir ini adalah (a) manajemen pendidikan, (b) manajemen berbasis sekolah, (c) manajemen kelas, (d) kepemimpinan pendidikan, (e) profesi keguruan, (f) pengembangan kurikulum, (g) filsafat pendidikan, dan (h) ilmu pendidikan.
Dr. Kana Safrina Rouzi, M.Si
Biography
Kana Safrina Rouzi lahir di Meulaboh, 24 Februari 1976. Menamatkan pendidikan di SDN Lambheu Aceh Besar di tahun 1988, MtSS di Madrasah Ulumul Qur’an Langsa pada tahun 1991, MAN I Model di Banda Aceh pada tahun 1994, S1 di Tarbiyah IAIN Ar-Raniry Banda Aceh lulus tahun 2000. Melanjutkan S2 di Psikologi Universitas Padjadjaran di tahun 2005 yang dibiayai oleh BPPS DIKBUD dan S3 di Psikologi Pendidikan Islam Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang dibiayai oleh MORA Scholarship dan lulus tahun 2019.
Mulai tahun 2000, beliau menjadi tenaga pengajar pada jurusan Tadris Bahasa Inggris IAIN Ar-Raniry Banda Aceh dan pada tahun yang sama juga mulai mengajar di Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA). Beliau mengabdi pada kedua institusi tersebut dengan status dosen luar biasa yang berakhir pada tahun 2010. Selanjutnya di tahun 2010 menjadi tenaga pengajar di universitas Teuku Umar Meulaboh dan STAI Tgk. Dirundeng Meulaboh dan diangkat menjadi dosen tetap di STAI Tgk. Dirundeng Meulaboh sampai tahun 2020. Setelah menyelesaikan pendidikan S3 di UMY, menjadi dosen tetap di Universitas Alma Ata Yogyakarta mulai dari tahun 2020 sampai dengan sekarang.
Beliau aktif menjadi presenter dan narasumber dalam webinar nasional dan internasional serta menulis artikel yang bisa diakses di https://scholar.google.co.id/citations?user=ZiP8yK0AAAAJ&hl=id. Saat ini beliau menjabat sebagai ketua prodi PGMI di Universitas Alma Ata Yogyakarta dan juga sebagai Editor in Chief di IJEETI (Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation) juga aktif sebagai reviewer dan editor di jurnal-jurnal nasional.
Dr. Laelatul Badriah, M.Pd
Biography
Dr. Laelatul Badriah, M.Pd. menyelesaikan studi Doktor Kependidikan Islam UIN Sunan Kalijaga (2021) Beberapa karya telah dihasilkan berupa buku seperti Kebermanfaan Kearifan Lokal dalam Proses Pembelajaran di Madrasah Intidaiyah (2022), hasil pemikiran dan penelitian yang di[ublikasikan di Jurnal ilmiah antara lain Kurikulum Pendidikan Islam Masa Klasik (2016), Pembelajaran Tematik sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta didik (2018), Strengthening Charakter Education Through the Implementation of Madrasah’s Culture: A Study at State Islamic Primary School 1 Bantul (2020), Imolementasi Landasan Filosofis-Teleologis Pendidikan Islam dalam Membangun Pendidikan karakter (Telaah Surat Ali Imran Ayat 79 (2018), Kreatifitas Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Keaktifan Siswa (2017), dan Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik melalui Media Gambar di Kleas II (2015), dan karya lainya. Editor in Chief jurnal LITERASI Jurnal Pendidikan Islam. Review jurnal Ilmiah Jurnal Pendidikan Madrsah Ibidaiyah Unisma, Jurnal IJEETI dan lain sebagainya. Keilmuan yang ditekuni adalah bidang pendidikan Islam dan Pendidikan Dasar Islam yang terkait Pembelajaran PAI, Pembelajaran Tematik, dan Pendidikan Guru MI